Berita

  • UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA DI BBRSBG
    Sunday, 02 October 2016

    Oleh Edhi Prabawa

    Upacara Bendera kali ini terbilang unik. Tidak seperti upacara bulanan biasa, kali ini memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Dilangsungkan tanggal 3 Oktober karena tanggal 1 Oktobernya libur. Upacara peringatan pastilah berbeda. Ada Pembacaan Ikrar dan menyanyikan lagu yang tidak biasa dinyanyikan pada upacara rutin bulanan. Karena cuaca tidak memungkinkan, upacara kali ini dilangsungkan di Aula Utama Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) Kartini Temanggung. Dengan diikuti oleh seluruh pegawai (PNS dan Non-PNS) dan PM (penerima manfaat – siswa), upacara berlangsung tertib dan khidmat. 


     

    Bertindak selaku Inpektur Upacara ialah Kepala BBRSBG, Dra. Murhardjani, MP. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan upacara bisa dilaksanakan di dalam ruangan seperti pada saat ini manakala cuaca tidak memungkinkan.  Beliau menyampaikan kesaktian Pancasila dalam mengatasi pemberontakan G30S/PKI. Meskipun Komunis saat itu sangat kuat, tapi pemberontakannya bisa ditumpas dengan kekuatan Pancasila, dengan korban 7 pahlawan revolusi. Pancasila tidak tergantikan dengan ideologi lain. Pancasila merupakan ideologi yang tak tergoyahkan karena diatasnya berdiri bangunan Negera Indonesia.  Hanya Pancasila yang digali dari khasanah masyarakat Indonesia sendiri. Sedangkan komunis merupakan ideologi dari elemen asing. Pancasila juga merupakan cita-cita bangsa yang dapat mendekatkan rakyat kepada tujuan bernegara. Pancasilalah yang menggerakkan hati setiap warga bangsa Indonesia untuk berjuang dan memberi tuntunan dinamis kemana bangsa Indonesia bergerak. Sebagai unsur penyelenggara negera, kita sebagai ASN mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Dengan dimilikinya ideologi Pancasila kita mempunyai kemauan dan kepercayaan diri untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Kita tanamkan dalam hati jiwa persatuan dan nasionalisme bangsa Indonesia.  

    Inspektur Upacara juga mengingatkan bahwa kita sudah menginjak bulan Oktober, yang berarti tanggal 3 bulan lagi sampai akhir tahun kegiatan 2016. Oleh karenanya, semua kegiatan hendaknya segera diselesaikan. Proses pemeriksaan rutin juga sudah selesai beberapa saat yang lalu, supaya TLHP (tindak lanjut hasil pemeriksaan) segera dilaksanakan. 

    Salah satu sesi pada upacara ini ialah pembacaan Ikrar sebagai berikut.

    Sebelum ditutup dengan doa, dinyanyikan lagu Berkibarlah Bendara Negeriku dan Bagimu Negeri.

     

     


Berita Lainnya