Berita

  • PEMBINAAN DALAM RANGKA HUT SATPAM
    Friday, 18 November 2016

    Oleh Edhi Prabawa

    Dalam semua proses kegiatan, termasuk perkantoran, faktor keamanan sangatlah penting. Tanpa adanya keamanan, proses itu pasti akan tersendat. Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kapasitas pengamanan tersebut, kinerja Satpam perlu senantiasa dipelihara dan ditingkatkan. Dalam rangka Hari Ulang Tahun Satpam Ke-36 tahun 2016 yang acara puncaknya akan dirayakan pada tanggal 30 Desember 2016 itu, diadakan Pembinaan Dalam Rangka Pekan Disiplin Satpam di Kabupaten Temanggung. Pembinaan tersebut antara lain dilaksanakan di Balai Besar Rehabililtasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) Kartini Temanggung. Pagi ini, 18 November 2016, 2 personil dari Satuan Bimas Polres Temanggung dan 3 personil dari Paguyuban Satpam Temanggung, hadir di BBRSBG untuk memberikan pembinaan kepada Satpam BBRSBG. 

      
     
    Agus Setiyono, Komandan Paguyuban Satpam Temanggung, menguraikan bahwa pembinaan ini meliputi aspek:
    - Kedisiplinan
    - Kelengkapan
    - Administrasi
    - Baris-berbaris
    Dalam acara ramah-tamah, mereka diterima Kepala Bagian Tata Usaha, Cahya Setiyadi, S.E. Pada kesempatan ini ditanyakan mengenai bimtek Satpam. Bimtek Satpam yang rutin diadakan ialah berupa penyegaran dan tambahan skil keamanan.
    Bp. Yudi Tata, personil dari Satuan Bimas Polres Temanggung menyampaikan bahwa Satuan Bimas bertugas sebagai pembina Satpam. Beliau mengapresiasi komunikasi yang telah terjalin antara pihak BBRSBG Khususnya Satpam, dengan pihak Satuan Bimas Polres Temanggung. Tabung pemadam kebakaran yang hampir expired, bisa dimanfaatkan untuk latihan. Oleh karena pada jalan besar, pada saat melaksanakan tugas penyeberangan, hendaknya Satpam mengenakan rompi hijau standar.  Laporan kecelakaan, hendaknya dilakukan dalam waktu 1 X 24 jam. 
    Sedangkan Agus Setiyono, Komandan Paguyuban Satpam Temanggung, menyatakan agar semua barang inventaris tercatat secara lengkap dan nomor telepon penting tertulis secara jelas. Beliau juga menyatakan bahwa iuran satpam (Rp 3000/bulan) digunakan untuk bakti sosial dan biaya ultah Satpam. Juga disampaikan tentang perlunya kartu visitor.  Disarankan juga agar di Pos Satpam tersedia monitor CCTV, sehingga bisa memantau keadaan dengan cepat. Tamu yang masuk, hendaknya juga diberikan visitor ID card.  Sehubungan dengan hal itu, menurut Kepala Sub Bagian Umum, Sis Pranyoto, S.Pd, dalam waktu dekat akan dibuat portal di pintu masuk dekat Pos Satpam. Hubungannya dengan alat pemadam kebakaran, disampaikan bahwa alat atau bahan pemadam kebakaran disesuaikan dengan jenis kebakaran yang terjadi. Ada yang berupa cairan, tepung, atau gas.


Berita Lainnya