Berita

  • BERBAGI UNTUK KECERIAAN ANAK-ANAK DI GRABAG
    Tuesday, 02 May 2017

    Oleh Nurul Chomariah Budi Utami, S.Sos

    Bencana datangnya memang tidak pernah memberi pesan dahulu dan juga tidak meilih siap, kapan dan bagaimana akan datang. Semua sudah ditakdirkan oleh Allah SWT. Seperti yang terjadi di Desa Sambungrejo kecamatan Grabag kabupaten Magelang yang dilanda banjir bandang pada hari Sabtu 30 April 2017. Beberapa rumah warga di desa itu luluh lantak diterjang banjir yang datang secara tiba-tiba. Bencana senantiasa menyisakan kesedihan dan trauma yang tak terperi bagi para korbannya.


     

     

    Dan untuk mengurangi rasa pedih dan trauma yang mendalam bagi keluarga dan warga yang menjadi korban bencana banjir di Sambungrejo, BBRSBG Kartini dengan Tim Reaksi Cepat (TRC) nya terjun ke lokasi bencana untuk membagikan kebahagiaan dan keceriaan bagi anak-anak dengan mendirikan posko pondok anak ceria.

    Di lokasi TRC BBRSBG Kartini dan PSMP Antasena Magelang bersama melaksanakan kegiatan pendampingan pada tanggal 1 dan 2 Mei 2017, dengan berbagai permainan yang menyenangkan dan mendidik. Diantaranya bermain snake ballon, memindahkan kelereng dengan bamboo, bermain bola, bermain berbagai tepuk tangan, bernyanyi dan permainan lainnya. Dan pada tanggal 2 Mei 2017 Ibu Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa berkenan untuk mengunjungi para korban di RSU Tidar Magelang dan diteruskan pemberian bantuan di Kecamatan Grabag. Kunjungan dilanjutkan dengan meninjau dusun Sambungrejo desa Sambungrejo yang pertama kali terlanda banjir bandang. Setelah peninjauan Ibu Menteri berbagi kebahagiaan dengan bermain bersama anak-anak yang terkena dampak bencana.
     

     

    Bencana yang hadir diantara kita bukan untuk disesali ataupun diratapi terus menrus, karena itu kehendak Allah SWT, karena semua milikNYA dan akan kembali kepadaNYA. Yang harus dilakukan adalah tawakal dengan berbenah diri berikhtiar dan berdoa untuk meminimalisir bencana-bencana yang lainnya. Anak-anak adalah asset bangsa yang harus kita jaga dan kelola dengan baik, demi kelangsungan kehidupan bangsa dan Negara. Dengan kegiatan pendampingan psikososial bagi anak-anak dilokasi bencana diharapkan mereka terhindar dari trauma yang mendalam karena dampak bencana yang mereka alami.


Berita Lainnya