Berita

  • PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ, PDI BBRSBG TAMPILKAN HAFALAN DOA DAN SURAT PENDEK
    Thursday, 04 May 2017

    Oleh Herlina Ekawati

    Diawali dengan lantunan Asma’ul Husna yang dibawakan dengan baik oleh beberapa Penerima Manfaat (PM) Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) Kartini Temanggung, acara peringatan Isra’ Mi’raj di Ruang Binaraga pada hari Kamis, 4 Mei 2017 diikuti seluruh PM dengan antusias, semangat dan gembira. Dengan mengusung tema ‘Dengan Peringatan Isra’ Mi’raj kita tingkatkan pelaksanaan ibadah sholat 5 waktu bagi PM di BBRSBG Kartini Temanggung”,  PM juga diberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam bidang keagamaan. Dua orang PM tampil di panggung membaca syahadat beserta artinya diikuti oleh seluruh PM. Doa-doa sehari-hari seperti doa sebelum dan sesudah makan, doa setelah makan, doa untuk orang tua, doa sebelum tidur, doa sebelum belajar, dll mampu dihafalkan dengan baik oleh PM termasuk PM Program C.  Tidak ketinggalan juga hafalan surat pendek seperti AL Lahab, Al Falaq, An Nas, Al Kautsar, Al Ikhlas, dll. Tentu saja untuk dapat memberikan penampilan terbaik hari ini, penyandang disabilitas intelektual memerlukan waktu untuk berlatih intensif dengan dibantu oleh pembimbing.


     

    Dalam acara tersebut Kantor Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Temanggung turut mendukung dengan memberikan susu secara gratis kepada seluruh PM dalam rangka kampanye untuk makanan B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman). Penyerahan susu secara simbolis diberikan kepada Kepala Seksi Bimbingan Sosial, Sartono, SST.
    Dalam sambutannya, Kasie Bimbingan Sosial, Sartono, SST mengharapkan melalui peringatan Isra’ Mi’raj semua PM lebih meningkatkan sholat dan menjaga kualitas sholat masing-masing.

    Lagu Surgamu yang dinyanyikan oleh PM Sidiq Adi dan pembacaan wahyu ilahi terdengar syahdu oleh PM Dwi dan Thoha Rais serta diterjemahkan oleh PM Rani mengantarkan kepada inti acara yaitu ceramah dari Ustad Slamet Gunardi. Bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak dan gerak bahasa tubuh yang jenaka oleh Ustad Slamet disukai oleh PM sehingga mereka nampak senang, antusias, berperan aktif dan tidak beranjak dari tempat duduk sejak awal hingga akhir acara. Ustad Slamet mengajak PM untuk sholat dengan khusyu dan tertib karena Allah SWT Maha Melihat, dan kelak akan diperhitungkan semua amal kita tanpa kita bisa membela.

    PM yang mampu menari juga turut tampil menarikan tari Indang Bandindin dan Pinguin. Acara ditutup dengan penampilan fashion show PM berbusana muslim dan penyerahan hadiah lomba yang telah dilaksanakan dalam rangkaian acara sebelumnya sebagai evaluasi bimbingan agama yaitu lomba membaca syahadat, membaca doa dan surat pendek, dan gerakan wudhu.


Berita Lainnya