Berita

  • PEMBERANGKATAN PBK PM BBRSBG 2018
    Friday, 16 March 2018

    Laporan oleh Edhi Prabawa

    Setiap penerima manfaat (PM – siswa) di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) “Kartini” Temanggung mendapatkan bimbingan dan pelayanan rehabilitasi tertentu sesuai potensinya. Dalam rangka mengimplementasikan hasil bimbingan dan pelayanan rehabilitasi sosial tersebut, kepada mereka diberikan kesempatan untuk melaksanakan PBK (Praktik Belajar Kerja) selama dua (2) bulan pada dunia usaha/perusahaan yang ada di masyarakat sesuai dengan potensi  dan persyaratan  yang telah ditentukan. 


    Pembekalan kepada PM yang akan berangkat PBK oleh Kepala Bidang Rehabiltiasi Sosial

    Pagi ini, Jumat, 16 Maret 2018, diberangkatkan 15 PM menuju lokasi PBK masing-masing setelah mendapatkan pembekalan dari Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dra. Proboretno Kuncororini, M.Si. Dalam arahannya beliau berharap agar di tempat kerja anak-anak tetap rajin beribadah, disipllin, rajin, mematuhi aturan di tempat PBK, patuh kepada pendamping, segera menyampaikan kepada pendamping jika ada permasalahan (jangan langsung mengambil keputusan sendiri), dan berupaya untuk kerasan. Hal itu sangat penting karena keberhasilan dalam PBK akan ikut menentukan masa depan PM sendiri. Bu Probo berharap agar PBK kali ini lancar, sukses, dan tidak ada permasalahan. Menurut beliau, pendamping PM yang merupakan personil dari perusahaan tempat PBK telah dibekali data identitas PM, potensi, kekurangan dan permasalahan yang pernah dialami PM. Data tersebut berasal dari BBRSBG sebagai bekal penting dalam memberikan pendampingan PM selama PBK di perusahaannya. 

     

    Sesaat sebelum pemberangkatan, para PM PBK berfoto bersama dengan para pembibing di depan Gedung TU BBRSBG Kartini Temanggung

    PBK dimaksudkan sebagai praktik bekerja pada dunia usaha dengan  mengimplementasikan hasil bimbingan fisik, mental, sosial maupun keterampilan yang telah diberikan kepada PM. Adapun  tujuannya ialah agar dunia usaha mengetahui kemampuan penyandang disabilitas intelektual dan memberikan kesempatan atau  peluang kerja sesuai kemampuan dan potensi PM setelah mereka selesai melaksanakan PBK. 

    PBK yang dilaksanakan dari tanggal 16 Maret sampai  14 Mei 2018 ini berlokasi di berbagai tempat dunia usaha / perusahaan yang ada di wilayah propinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY ).

     

     


Berita Lainnya